Minggu, 14 Oktober 2012

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi




Pasar adalah tempat dimana bertemunya produsen dan konsumen untukmelakukan transaksi penjualan. Bagi produsen pasar adalah tempat untuk menjual hasil produksinya yang diperantarai atau dijual oleh pedagang sedangkan bagi konsumen pasar adalah tempat untuk membeli semua kebutuhannya.Segmentasi Pasar adalah pembagian atau pengelompokan pasar menurut karakteristik tertentu. Segmentasi pasar diperlukan terutama oleh produsen untuk tujuan memasarkan produk-produknya dan untuk mengetahui apa yang sedang menjadi keinginan konsumen.
Beberapa jenis pasar setelah dikelompokan menurut segmentasi pasar :

Klasifikasi pasar :
·         pasar tradisional adalah pasar dimana penjual dan pembeli bertemu secara langsung untuk bertransaksi , harga yang ditentukan oleh penjual bisa  berubah dengan adanya saling tawar-menawar.
·         pasar modern adalah pasar yang dimana harga yang diberikan oleh penjual tetap dan jelas. cara bertransaksi tidak hanya dengan uang tunai, tetapi bisa juga menggunakan  kartu debit dan kredit, selai itu pembayaran biasanya dilakukan di kasir.

Pasar menurut wujudnya barang yang diperdagangkan :
Pasar nyata yaitu pasar dimana barang yang diperjual belikan nyata atau ada wujudnya sedangkan pasar abstrak adalah pasar yang menjual belikan barang secara tidak langsung , penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung , misalnya penjualan online.
Pasar menurut luas jangkauan :
·         pasar lokal
·         pasar regional
·         pasar nasional
·         pasar internasional

Pasar  menurut waktunya:
·         Pasar Harian  adalah pasar yang diadakan atau terjadi setiap hari. contohnya: Pasar Subuh, swalayan, super market.
·         Pasar Mingguan adalah pasar yang diselenggarakan satu hari disetiap minggunya. Contoh: pasar senin, pasar minggu
·         Pasar Bulanan yaitu pasar yang diselenggarakan sebulan sekali.
·         Pasar Tahunan yaitu pasar yang melakukan kegiatan jual belinya setiap setahun sekali. Contoh: pasar beduk, pasar hewan kurban.
Pasar menurut organisasi:
·         Pasar persaingan sempurna  yaitu pasar dimana terdapat banyak pembeli dan penjual. Anggota pasar ini bebas keluar masuk dan barang yang diperdagangkan homogen (sejenis).
·         Pasar persaingan tidak sempurna yaitu pasar dimana didalamnya terdapat sedikit penjual dan banyak pembeli,  dengan keadaan demikian penjual dapat menetukan harga. Barang yang diperdagangka bersifat heterogen. Pasar persaingan tidak sempurna dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut:
1.    Pasar oligopoli adalah pasar dimana ada beberapa penjual untuk suatu barang tertentu, dimana penjual dapat mempengaruhi harga.
2.    Pasar monopsoni adalah pasar yang terdiri dari beberapa pembeli
3.    Pasar monopoli pasar yang hanya terdapat satu penjual untuk suatu barang tertentu, dimana harga sepenuhnya ditetapkan oleh penjual.
4.    Pasar monopsoni adalah pasar yang hanya terdapat satu pembeli untuk barang tertentu
5.    Pasar monopolistis adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli. Penjual berhak menentukan harga produknya , sedangkan pembeli bebas memilih untuk membeli.



Demografi
Demografi adalah suatu ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tentang dinamika pendudukan, terdiri dari: kelahiran,kematian dan dan perpindahan penduduk. Analisis kependudukan dapat merujuk masyarakat secara keseluruhan atau kelompok tertentu yang didasarkan kriteria seperti pendidikan, kewarganegaraan, agama, atau suku tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar